facebook twitter
 
home » news

Pintu Neraka Terbuka di Guatemala
Dibuat : 07/07/2010 09:31:28

Berikut ini adalah gambar2 dari kejadian alam yang terjadi di daerah Guatemala. yaitu sebuah lubang yang secar misterius muncul di daerah pemukiman penduduk daerah sekitar Guatemala.

 

"Tak mungkin ini nyata" adalah pikiranku pertama kali.  Kemudian aku memeriksa sumbernya: Pemerintah Guatemala.  Sebuah cekungan (sinkhole) muncul hari Minggu kemarin di persimpangan jalan di kota Ciudad de Guetamala.  Hanya dengan melihat foto tersebut cukup untuk membuat saya merasa pusing.

sinkhole adalah cekungan yang terbentuk secara alamiah dimana tanah di lapisan bawah tergerus oleh air.  Biasanya cekungan ini terjadi dimana komposisi tanah terdiri dari batu kapur, batu karbonat, garam tanah atau bebatuan lainnya yang mudah terkena erosi aliran air.  Prosesnya dapat berlangsung lambat tapi terkadang tanah bisa terbelah tanpa ada tanda apapun.  Kalau ini terjadi, belahan tanah itu dapat menelan sebuah rumah dengan utuh. Penyebabnya: arus air bawah tanah yang sangat deras akibat topan tropis Agatha.

Ukuran cekungan sinkhole beragam, mulai dari cekungan landai sampai beberapa ratus meter.  Tidak seperti cekungan yang memakan korban jiwa dua orang remaja di tahun 2007, kelihatannya cekungan ini tidak sama sekali. Sebuah koran lokal melaporkan adanya seorang korban jiwa tetapi pihak yang berwenang belum mengkonfirmasikannya.Cekungan tersebut menelan sebuah pabrik garmen.  Tidak tercatat adanya korban luka-luka maupun korban jiwa