facebook twitter
 
home » news

RINGKASAN KHOTBAH IBADAH RAYA
Dibuat : 03/07/2010 10:56:55


Thema Khotbah    : KUASA KEBANGKITAN (THE POWER OF RESURRECTION)

LUKAS 24 : 13 - 14 Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem, dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.
Emaus = Kecewa / Putus Asa / Depresi.
LUKAS 24 : 15 - 16 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. Tetapi ada sesuatu yang meng-halangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
LUKAS 24 : 17 – 18 Yesus berkata kepada mereka : "Apakah yang kamu per-cakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram. Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?"
LUKAS 24 : 19 Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.
LUKAS 24 : 20 - 21 Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya. Padahal kami dahulu mengharap-kan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel.

MENGAPA MURID-MURIDNYA KECEWA/PUTUS ASA : Karena mereka tidak memahami Alkitab dengan benar.
Buktinya yaitu :
1.Matius 16 : 21 (di Kaisarea Filipi), Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus dan syarat-syarat mengikut Dia.
2.Matius 17 : 22 - 23 (di Galilea), Pemberitahuan kedua tentang penderitaan Yesus.
3.Matius 20 : 17 – 19 (Perjalanan ke Yerusalem), Pemberitahuan ketiga tentang penderitaan Yesus.
4.Matius 26 : 1 – 2 (di Yerusalem), Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaranNya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya: "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.
LUKAS 24 : 25 - 27 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi. Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?" Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

KIAT MENGATASI KEPUTUS ASAAN / KEKECEWAAN / DEPRESI :

1.Mengenal Firman Tuhan Dengan Benar, LUKAS 24 : 28 - 29 Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya. Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuktinggal bersama-sama dengan mereka.
LUKAS 24 : 30 - 31 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikan-nya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.
Mata mereka terbuka melalui keintiman dengan Tuhan. Kita juga harus memiliki keintiman dengan Tuhan melalui doa, pujian, penyembahan, dan membaca Firman Tuhan Setiap hari, maka mata rohani kita akan terbuka dan mengalami kuasa Tuhan yang mengubahkan, menyembuhkan, dan memberkati kita.

2.Persekutuan Yang Intim Dengan Tuhan
LUKAS 24 : 32 - 33 Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?" Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.
LUKAS 24 : 34 Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon."

KIAT MENGATASI KEPUTUS ASAAN / KEKECEWAAN / DEPRESI:
1.Mengenal Firman Tuhan Dengan Benar
2.Persekutuan yang intim dengan Tuhan
3.Ikut terlibat dalam pelayanan

Puji Tuhan, oleh karya Penebusan (keselamatan) melalui darah Kristus di Kalvari maka hidup kita telah :
1.DIBENARKAN 
2. DIDAMAIKAN 
3. DIKUDUSKAN 
4. BEROLEH DAMAI SEJAHTERA.

 Amin! God Bless You