facebook twitter
 
home » news

7 Januari 2018: IR1
Dibuat : 07/01/2018 01:29:35

MEMPERSIAPKAN UMAT YANG LAYAK BAGI TUHAN

Pdm. Robertus Purwadi

Ibadah Raya I – Pkl. 07.00 WIB – 7 Januari 2018

 

Saat ini kita memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2018 sebagai Tahun Permulaan yang Baru sesuai dengan visi dari gembala sidang kita. Sebagai gereja Tuhan maka gereja harus mempersiapkan jemaat menjadi umat yang layak bagi Tuhan. Sebagai orang percaya maka kita percaya bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat manusia. Mengapa Yesus harus lahir ke dunia? Semata-mata karena Kasih Allah Bapa kepada umat manusia.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh. 3:16)

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. (Kis. 4:12)

"Dia" yang dimaksud adalah Yesus Kristus. Hanya di dalam Yesus Kristus-lah manusia yang berdosa diperdamaikan dengan Allah Bapa dan memperoleh keselamatan kekal.

Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. (Kej. 21:12)

Yesus lahir ke dunia memiliki nenek moyang yang berasal dari Abraham. Sekalipun Abraham melahirkan anak-anaknya melalui 3 wanita (Sara, Hagar dan Ketura), namun Allah menjanjikan anak sebagai ahli waris semua janji lewat jalur Sara. Secara garis besar Yesus lahir dari keturunan Abraham – Ishak – Yakub (Israel) – Yehuda – Daud – Yesus Kristus.

Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus. (Gal. 3:16)

Tiga agama dunia yang mengaku sebagai keturunan Abraham adalah agama Yahudi Yudaisme, Kristen (Katolik – Armenian), dan Islam. Mereka disebut sebagai agama Abrahamik. Ketiganya menyembah Allah yang satu (monoteis), dan berpusat di satu kota, yaitu Yerusalem. Ketiganya mengakui bahwa Yerusalem milik mereka, dimana tempat-tempat ibadah ketiga agama inibertebaran di seluruh wilayah Yerusalem. Sampai saat ini Yerusalem menjadi rebutan ketiga agama besar ini.

YERUSALEM BARU

"Lalu TUHAN berfirman kepadaku: "Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan jangan seorangpun masuk dari situ, sebab TUHAN, Allah Israel, sudah masuk melaluinya; karena itu gerbang itu harus tetap tertutup. Hanya raja itu, oleh karena ia raja boleh duduk di sana makan santapan di hadapan TUHAN. Raja itu akan masuk melalui balai gerbang dan akan keluar dari situ." (Yeh. 44: 2-3)

"Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia." (Mat. 24:27)

Yahudi Yudaisme dan umat Islam percaya bahwa Yesus akan datang ke dunia untuk kedua kali akan masuk ke Yerusalem melalui pintu Gerbang Timur. Pada saat Yesus masuk ke Yerusalem, maka bayangan-Nya akan membangkitkan semua orang mati yang telah dikubur. Makanya Yahudi Yudaisme menguburkan mayat di lembah Kidron dekat pintu Gerbang Timur. Sementara umat Muslim Menutup gerbang Timur untuk menghalangi Mesias masuk ke Yerusalem

Bagaimana dengan iman Kristen?

·         Kristus akan datang kembali untuk mendirikan pemerintahan-Nya selama 1.000 tahun dan mendirikan takhta-Nya di kota Yerusalem.

·         Setelah penghakiman takhta putih, Yerusalem surgawi akan turun ke dunia yang baru dan menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Allah yang kekal.

"Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem (Kis. 1:11-12)

"Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia akan keluar dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allahku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru." (Why. 3:12)

KAPAN YESUS DATANG?

Yesus akan datang ketika pemulihan akan segala sesuatu terjadi. Pemulihan berarti hati umatNya berbalik kepada Tuhan.

"Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu (Kis. 3:21)

"ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya." (Luk. 1:16-17)

Amin! God Bless You