facebook twitter
 
home » news

18 JUNI 2017 IR 5
Dibuat : 18/06/2017 11:22:24

APA ARTINYA :

SERUPA DENGAN GAMBARAN ANAK-NYA?

Pdt. Harry Sanoza

Ibadah Raya V - Pkl. 16.30 WIB – 18 Juni 2017

 

Serupa berarti sama. Sederhananya serupa luar dan isinya , itu artinya dalam segala hal sama baik bentuk. Kita diciptakan serupa dengan gambar Allah. Kata serupa tidak dikatakan kepada binatang, tetapi kepada manusia seperti tertulis : “Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” (Kejadian 1:26-27)

 

Oleh karena kita serupa dengan Allah, jangan jadikan hidup kita menjadi serupa dengan dunia ini. Serupa bukan mengenai fisik tetapi karakter kita yang seperti Tuhan, misalnya rela mengampuni dan mengasihi dengan sungguh-sungguh. Tuhan menciptakan kita dengan tujuan dan maksud-Nya. Kita harus hidup seturut kehendak-Nya, bukan kehendak diri sendiri atau dunia, untuk bisa menggenapi tujuan-Nya itu. Untuk dapat membedakan kehendak Allah atau tidak, yang baik dan yang jahat, harus berubah oleh pembaharuan budi seperti tertulis : “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12:2). Pembaharuan budi akan mengubah tutur kata, sikap, pikiran, perbuatan dan semua aspek hidup kita. Selama kita masih hidup di dunia ini, kita berjuang untuk semakin serupa dengan Kristus yaitu melalui proses yang Tuhan ijinkan terjadi dengan tetap setia kepada-Nya, percaya bahwa proses itu ada untuk mengubah kita karena kita telah dipilih oleh-Nya sejak semula “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.(Rom. 8:29)

 

Apa bisa kita serupa dengan gambaran Allah? Semua tergantung kemauan dan Niat kita!

Ini syarat-syaratnya :

1.       HIDUP MENCERMINKAN KEMULIAAN ALLAH

“Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.(2 Korintus 3 : 18)

 

Bila kita sudah mengalami pembaharuan budi, hidup kita pasti mencerminkan kemuliaan Allah. Caranya, kita harus sungguh-sungguh dalam Tuhan, lakukan semua perintah-Nya dan layani Dia dengan setia. Melalui hidup kita, kasih Kristus dinyatakan kepada orang lain di sekitar kita sehingga mereka dapat melihat Kristus dalam kita.

 

2.       MENGENAL KRISTUS, KUASA KEBANGKITANNYA DAN PERSEKUTUAN DALAM PENDERITAANNYA

10Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, 11supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. …21yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya. (Filipi 3 : 10-11 & 21)

Kita harus mengenal Kristus secara pribadi dan bersekutu dengan-Nya setiap waktu. Bila kita mengenal-Nya secara pribadi, kita pasti mau hidup seperti cara Kristus hidup.

 

Untuk menguji kemauan kita menjadi serupa dengan gambaran Allah, kita dapat melihat dari sampai di mana kita percaya akan ayat ini : Mat. 21 : 21-22,  Mat. 25 : 29 dan Lukas 10 : 17.

“Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Mat. 21:21-22)

 

Bila kita sudah serupa dengan gambaran Allah, kita jelas dapat melakukan pekerjaan lebih besar dari yang pernah Yesus lakukan , bukan jadi lebih besar dari Yesus ! seperti tertulis : “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;(Yoh. 14:12)

 

Amin! God Bless You