facebook twitter
 
home » news

16 juli 2017 IR 2 & 5
Dibuat : 16/07/2017 11:00:02

MENJADI TERANG DUNIA MELALUI PERBUATAN BAIK

Pdm. Sukirno Tarjadi

Ibadah Raya II & V - Pkl. 09.00 & 16.30 WIB – 16 Juli 2017

 

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." (Mat 5: 14-16)

 Akhir – akhir ini di dunia banyak sekali terjadi kepura – puraan, dimana manusia hidup tidak menjadi dirinya sendiri. Hal  ini dipengaruhi juga oleh perkembangan teknologi dimana manusia gemar mengekspos kehidupan pribadinya yang palsu melalui sosial media. Kita sebagai orang kristen tidak dapat hidup seperti orang dunia, dimana orang kristen harus memiliki hidup yang transparan seperti sebuah showroom. Showroom merupakan gambaran dari sebuah ketransparanan dimana kita dapat melihat sisi dalam dari sebuah showroom secara jelas. Orang kristen haruslah hidup seperti sebuah showroom dimana kehidupan yang dimilikinya terlihat terang (transparan) tidak penuh dengan kepura – puraan. Untuk memiliki hidup yang transparan kita harus memiliki karakter seperti Tuhan Yesus dimana perbuatan Tuhan yang baik menjadi berkat bagi orang lain.

Bagaimana orang kristen memiliki hidup yang transparan dan dapat menjadi terang bagi dunia ?

1.       KARAKTER

Karakter adalah kumpulan sifat-sifat orang yang stabil dan menonjol. Karakter terbentuk melalui proses pembuatan jati diri seseorang. Untuk memiliki hidup yang transparan dan dapat memiliki dampak bagi orang lain karakter kita adalah hal utama dan yang paling penting. Karakter kita menentukan perbuatan yang akan kita lakukan untuk orang lain, karakter yang baik akan menghasilkan sebuah perbuatan yang baik dan dapat menjadi terang bagi orang di sekitar kita. Sedangkan karakter yang buruk akan mendatangkan perbuatan yang tidak baik dan akan memberikan dampak buruk bagi orang orang di sekitar kita. Karakter yang baik akan terbentuk melalui proses yang Tuhan izinkan terjadi di dalam hidup kita.

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” (Mat. 5:14)

2.       KARYA

Karya berbicara tentang bagaimana perbuatan kita sehari hari, dimana hidup kita berdampak bagi kehidupan orang lain. Untuk berbuat baik janganlah kita mengharapkan pujian dari orang lain, lakukanlah tanpa meminta pujian atau pengakuan dari orang lain. Biarlah orang lain melihat dengan sendirinya karya atau perbuatan yang kita hasilkan, dengan begitu hidup kita dapat menjadi berkat bagi mereka.

“Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya” (Mat. 6:2)

 

Jadilah seorang pribadi yang dapat menjadi terang bagi orang-orang di sekitar kita dan juga menjadi terang bagi dunia dengan perbuatan perbuatan baik yang kita lakukan. Dengan begitu karakter Kristus akan terpancar dari dalam diri kita dan dapat menjadi berkat bagi sesama.

 

 

 

 

Amin! God Bless You