facebook twitter
 
home » news

16 juli 2017 IR 3
Dibuat : 16/07/2017 11:00:49

MENGASIHI SESAMA

Pdm. Sukirno Tarjadi

Ibadah Raya III - Pkl. 11.15 WIB – 16 Juli 2017

 

“Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Mat 22:34-40)

Kunci orang hidup sehat dan bahagia menurut penelitian Univ Harvard adalah memiliki hubungan yang baik dengan sesama. Di dalam firman Tuhan hukum yang terutama adalah mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri. Dalam mengasihi Tuhan dan sesama harus memiliki suatu kesetaraan, namun berdasarkan bobotnya mengasihi Tuhan berada di dalam urutan paling atas, sedangkan mengasihi sesama berada di urutan kedua. 

Siapa saja yang harus kita kasihi ?

1.       Mereka Yang BERBEDA Dengan Kita

Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. (Gal. 3:28)

Kita sebagai manusia cenderung untuk mencari kesamaan dengan orang lain. Tetapi kita sebagai orang kristen jangan hanya mengasihi orang yang memiliki persamaan dengan kita, tetapi kita juga harus mengasihi orang yang memiliki perbedaan dengan kita. Siapakah orang – orang yang dimaksud berbeda dengan kita? Mereka adalah saudara – saudara kita yang berada di luar sana yaitu mereka yang memiliki latar belakang, suku, ras, dan agama yang berbeda dari kita.

2.       Mereka Yang Tidak Layak Dikasihi

Siapa mengolok-olok orang miskin menghina Penciptanya; siapa gembira karena suatu kecelakaan tidak akan luput dari hukuman. (Ams 17:5)

Yang dimaksud orang – orang yang tidak layak dikasihi adalah mereka yang terbuang dan tidak diakui keberadaanya.

3.       Musuh Kita

Tuhan mengajarkan kepada kita untuk mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri kita sendiri, begitu juga dengan musuh kita. Orang – orang yang telah membuat kita terluka janganlah kita balas tetapi sebaliknya kita harus mengasihi mereka sama seperti Tuhan Yesus yang tetap mengasihi orang – orang yang telah menyakitiNya.

4.       Mereka Yang Tidak Berguna

Seringkali kita sebagai manusia suka membanding bandingan orang yang memiliki manfaat bagi kita dan yang tidak memiliki manfaat untuk kita sehingga kita sering menganggap remeh mereka yang tidak berguna bagi kita. Tetapi kita sebagai umat Kristen haruslah mengasihi mereka sekalipun mereka tidak berguna, sebab dimata Tuhan kita semua itu sama.

“Jadikanlah mereka sebagai guru kita, yang bisa mengajari kita banyak hal”

 

Yang membedakan orang Kristen dan orang dunia adalah kasih yang mereka miliki, yaitu kasih Yesus yang terpancar dari dalam diri mereka. Karena itu kita sebagai orang Kristen haruslah mengasihi sesama kita sama seperti Tuhan Yesus yang mengasihi setiap anak-Nya.

 

 

Amin! God Bless You