facebook twitter
 
home » news

8 Oktober 2017: IR3
Dibuat : 08/10/2017 08:39:07

RELEVANT AND IMPACTING CHURCH

Pdm. Dr. Bambang Susanto

Ibadah Raya III - Pkl. 11.15 WIB – 08 Oktober 2017

 

 

Banyak orang yang terlihat baik saat di dalam gereja, namun dalam kenyataanya hiidupnya tidak dapat menjadi contoh bagi orang lain dan tidak dapat menjadi berkat bagi sesama.  Menurut penelitian banyak orang yang benci untuk datang ke gereja dikarenkan gereja tidak menjawab masalah atau kebutuhan hidup mereka, tidak menemukan komunitas, cara ibadahnya kuno / tidak sesuai zaman, banyak orang – orang di dalam gereja yang bersifat munafik, dan tidak menemukan makanan rohani yang pas. Hal ini membuat gereja menjadi tidak relevant dengan kehidupan sehari hari.

"Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang”.( Mat. 5:13)

Kita sebagai orang kristen memiliki tugas khusus dari Tuhan, yaitu menjadi terang dan garam bagi dunia. Tuhan tidak pernah menjadikan kita menjadi orang – orang yang tawar dan gampang di injak-injak oleh dunia. Namun dalam kenyataanya berapa banyak dari orang kristen sekarang tidak menjadi garam bagi dunia? Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya angka perceraian di kalangan orang kristen.

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar( Yoh. 15: 5-6)

 

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.( Yoh. 10:10)

Jika kita hidup seperti pohon anggur yang menjadikan Tuhan sebagai pokok anggur kita, maka hidup kita akan dipakai oleh Tuhan dan kita akan menghasilkan buah – buah yang melimpah dan dapat memberkati orang lain

Injil addalah sebuah kabar baik dari Tuhan, tetapi mengapa banyak orang masih tidak menyukai injil? hal tersebut dikarenakan kita orang kristen tidak dapat memberitakanya dengan baik. Bagaimana menjadi duta yang baik bagi Tuhan dalam memberitakan injil ?

Menjadi Seorang Enterpreneur Bukan Businessman

Enterpreneur memiliki arti yaitu keyakinan yang kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Seorang enterpreneur bekerja bukan karena adanya uang atau materi, melainkan mereka bekerja karena adanya ide dan inovasi yang mereka miliki. Begitu juga dengan orang kristen yang seharusnya bekerja atau melakukan sesuatu berdasarkan keyakinan, ide dan inovasi yang dapat memberikan dampak bagi orang lain, bukan sekedar mendapatkan keuntungan.

Apa Yang Harus Kita Lakukan ?

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kitaPada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.( Maz. 92:12-15)

1.       Tertanam di gereja lokal

2.       Masuk dalam komunitas (cool, kom)

3.       Mengatur keuangan dengan baik

 

Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.( Yos. 1:7-8)

 

Untuk melayani Tuhan kita perlu untuk berbuat dengan sungguh – sungguh, jangan sekedar hanya melayani Tuhan tanpa menghasilkan buah dan tidak memberikan impact bagi orang lain. Pelayan Tuhan yang sejati adalah mereka yang melayani Tuhan dengan segenap hatinya dan berbuah dan dapat menjadi terang dan garam bagi dunia

 

Amin! God Bless You